15 Rekomendasi Anime Bertema Dunia Paralel Terbaik berkisah 2 sisi kehidupan yang berbeda



 Masih belum puas, kesempatan kali ini saya manfaatkan untuk merekomendasikan anime bertema dunia paralel terbaik untuk teman-pembaca semuanya, dimana sebelumnya saya telah membuat daftar anime bertema isekai.


  niat awalnya dulu pengen digabung, namun gak jadi karena beberapa alasan, salah satunya ialah settingnya latar ceritanya memang agak berbeda.

 pada dasarnya,anime isekai itu ketika sudah masuk ke dunia lain, jarang atau mustahil banget bisa balik lagi ke kehidupan semula nya.

 namun beda ceritanya dengan anime setting dunia paralel, namanya dunia dengan 2 sisi yang berbeda,jadi si MC bisa berpindah ke alam kehidupan yang berbeda sewaktu-waktu.

 umumnya, sih anime jenis ini masih mempertahankan tema kehidupan dunia nyata,dimana sang karakter utama lahir dan tumbuh besar kembangnya.

 dan saat dimulai nya cerita, barulah si Mc menyadari ternyata ada kehidupan lain selain di bumi, dan inilah yang saya maksud dengan yang namanya dunia paralel.

 Oke, untuk lebih lengkapnya teman-pembaca bisa lihat daftar anime nya dibawah ini, semoga artikel kali ini bisa menjadi saran yang memuaskan:


1.Shakugan No Shana


Shakugan no shana


 pertama kali dapat ide buat daftar anime ini, saya langsung ingat dengan shakugan no shana, yap anime action- romance satu ini layak banget kriteria nya, karena setting dunia nyata di kota misaki dan dunia paralel fuzetsu, dimana semua kehidupan manusia terhenti ruang dan waktu, namun hanya para Flame haze dan Tomogara serta beberapa mistes saja yang dapat hidup di dunia ini.

 Shakugan no shane berkisah tentang kehidupan seorang anak remaja bernama sakai yuuji menjalani hidupnya sehari-hari, namun kehidupan nya berubah semenjak masuk ke zona fuzetsu dimana dunia tersebut merupakan medan perang para flame haze dan tomogara.

 Yuuji bertemu dengan gadis berpedang dengan rambut merah bernama shana, yang menolong dirinya dari bahaya, semenjak itulah sakai yuuji perlahan mengetaui kehidupan lain tentang konflik flame haze dengan tomogara.


2.Bakemono No Ko


Bakemono no ko


 anime movie ini juga sudah saya muat di daftar anime isekai terbaik, namun yang membuatnya masuk ke dalam kategori paralel karena dalam kisahnya, distrik surga binatang merupakan cermin nya kota tokyo, tepatnya di distrik shibuya. dimana keduanya saling berhubung satu sama lain.dan si MC dalam kisahnya masih dapat kembali ke kehidupan manusia pada umumnya.

 semuanya dimulai dari anak kecil bernama ren, kabur dari keluarganya menjadi berandalan jalanan, namun tak terduga ia bertemu dengan seekor beruang bisa berbicara , ia menganggapnya seorang monster.

 namun walaupun demikian ia mengikuti beruang tersebut, hingga ia masuk kedunia yang belum ia kenal, yaitu distrik surga bianatang, sejak saat itulah ia tinggal dengan beruang bernama kumatetsu yang ia intai tadi.


3.Sousei No Omyouji


Sousei no omyouji


 masih sama dengan shakugan no shana,bernuansa action romance dan tentang 2 sisi dunia yang berbeda, dan berbeda dari segi cerita.

 Sousei no omyouji bercerita tentang Emmadou rokuro, anak Smp yang mangkir dari tugas dari kecil sebagai pembasmi iblis (omyouji), suatu hal yang membuat ia ingin melakukan hobi lain seperti orang pada umumnya.

  namun semuanya berubah semenjak ia jumpa dengan gadis jatuh dari langit adashino benio.

 banyak hal yang kacau dan menyebalkan bagi rokuro semenjak kenal dengan gadis sebayanya dari kota Kyoto. dan hal yang menyebalkan dan buat terkejut, mereka harus dijodohkan karena keduanya terikat takdir sebagai sousei no omyouji (bintang kembar pembasmi iblis) dimana keturunan mereka berdua akan menjadi seorang miko yang mampu menghentikan kekacauan yang disebabkan oleh kegare.


4.Selector/Lostorage WIXOSS series


Selector WIXOSS


 kalo ini anime bertema game psychological, namun yang dapat  masuk ke  dalam dunia paralel tersebut hanyalah para orang-orang terpilih , mereka adalah para selector, dimana kartu dek dan yang mereka mainkan dapat hidup dan bertarung sesuai peran di dalam kartu tersebut, mereka adalah para LRIG.

  sebuah arena tanding bernuansa fantasy yang buat para penonton nya semakin tegang, namun kelemahan para selector memasuki arena tanding ini ketika di keramaian, atau ada pihak lain yang menggangu permainan saat keduanya dalam mimpi khayalan.

 permainan para selector ini memang harus di tempat yang sepi,dimana setiap generasi WIXOSS series memiliki aturan main yang berbeda.


5.Sakasama No Patema


Sakasama no Patema

  
 haha, baru ingat nih anime movie yang kisahnya anti-mainstream banget deh, dan dijamin seru dan seru dan seru untuk ditonton teman-pembaca semaunya.

 secara sekilas, dunia paralel dalam anime ini terlihat kasat mata, namun kalau sudah selesai nonton anime nya baru deh tau apa yang saya maksud diatas.

  saya agak lupa sinopsis awal anime ini,jadi saya skip saja sinopsis nya, namun yang jelas story nya bagus banget dan sayang banget jika teman-pembaca lewatkan begitu saja.


6.Sword Art Online


Sword Art Online


 sama seperti bakemono no ko, sudah saya masukan duluan ke dalam daftar anime isekai, dan setting anime ini lebih mengarah ke dunia paralel buatan,

 dimana diawal cerita hal ini sudah diperlihatkan, dimana si MC bernama kirigaya kazuto, terkunci di dunia tersebut tidak dapat keluar ke dunia nyata nya, karena teknologi untuk hiburan para petualang bertema mmoRPG, disalahgunakan sang penciptanya.


7.Fullmetal Alchemist:Brotherhood


Fullmetal Alchemist


 siapa nih, diantara teman-pembaca dengan pendapat saya kalau full metal alchemist masuk ke dalam kategori anime dengan setting dunia lain, dimana para alkemis yang melakukan tindakan tabu dapat memasuki ruangan putih tersebut. 

  dimana sang penghuni meminta imbalan dengan mengorbankan apapun yang dimiliki sang alchemist . (pertukaran setara).

 kisahnya tentang duo bersaudara elric melakukan percobaan tabu menghidupkan ibunya yang sudah mati, namun percobaan itu gagal dengan hasil yang mengerikan, sejak itulah keduanya berusaha keras untuk mengembalikan anggota tubuh yang hilang sebagai penebusan kisah kelam di masa lalu.


8.ORANGE


ORANGE


 sebenarnya saya gak yakin sama anime ini memiliki kriteria diatas matau tidak,lebih tepatnya Orange bercerita tentang perbedaan waktu, namun yang menariknya ada 2 kehidupan yan sama namun beda cerita dan waktu.

  walaupun gak terhubung secara langsung namun di dalam kisah memperlihatkan cukup jelas ada semacam dunia paralel dalam anime ini

Cerita bermula ketika takamiya naho mendapatkan surat misterius yang dapat mengubah masa depanya.surat tersebut ditulis oleh takamiya naho di dunia yang lain dan jarak antar keduanya selama 10 tahun.

   naho masa depan meminta naho saat ini agar dapat mengubah penyesalan-penyesalan yang dialaminya,dan penyesalan itu akan datang kepada naho saat ini,dimana yang menjadi penyesalan adalah tentang anak SMA pindahan dari tokyo ke sekolah naho,yang sejatinya akan menjadi teman dekat naho saat ini.

 mampukah naho mengubah itu semua,bagaimana naho saat ini mengambil keputusan yang bijak setelah membaca surat dari masa depan agar tak mengalami penyesalan yang sama dengan naho masa depan.


9.Boku Dake Ga Inai Machi


Boku Dake Ga Inai Machi


 dan,sebenarnya anime ini lebih tepatnya mengusung tema time travel untuk mengubah masa lalunya, namun fujinima satoru yang dewasa bisa terhubung dengan yang saat kecil, membuat anime ini bisa saya katakan memiliki 2 sisi kehidupan yang berbeda (dunia paralel), dan misteri nya buat penonton nya selalu merasa tegang terus.

  Boku dake ga inai machi kisahnya tentang fujinima satoru, pria dewasa 29 tahun yang karya manga nya tertolak oleh penerbit, dan kehidupan nya terasa berantakan, di samping itu satoru  mengalami kejadian aneh yang disebut revival. namun buruknya, 

  suatu hal yang mengejutkan terjadi dengan ibunya, dan membuat satoru terlibat dengan masalah yang rumit,dan tidak sengaja satoru terhubung dan kembali ke masa kecilnya, dan kesempatan ini ia manfaatkan untuk menolong teman nya di masa lalu.
  


10.Ano Natsu De Matteru


Ano Natsu De Matteru


 masuk ke daftar yang ke 10. saya kepikiran memuat anime ano natsu de matteru karena konsepnya mendukung dengan cerita dunia paralel,dimana sang heroine nya datang dari tempat yang jauh namun karena beberapa alasan, membuat ia tinggal di rumah seorang cowok.

 selain itu dunia dan kehidupan mereka berdua memang berbeda,namun ano natsu de matteru mampu menyajikan kisah romansa anak muda yang buat siapa saja terbawa suasana.

 Kirishima kaito, seorang pemuda SMA, perlahan tertarik dengan murid pindahan baru takatsuki ichika, dan beberapa hal yang tak terduga membuat mereka berdua akrab, dan karena takatsuki ichika belum memiliki tempat tinggal, kaito memberikan tempat tinggal dirumahnya.

 dan kaito pun senang ternyata gadis tersebut ikut membantunya memainkan peran di film indie buatanya dan rekan-rekan lainya.

 namun perlahan namun pasti, kaito pun menyadari kalau ichika datang dari negeri yang jauh dan berkunjung ke bumi karena sedang mencari sesuatu.


11.Re:Creators


Re:Creators


 ini sebenarnya mau saya masukan di artikel sebelumnya, cuma kelupaan dan baru ingat ketika buka berkas anime di disk, dan kalau dipikir pikir Re:Creators itu ceritanya tentang dunia paralel/isekai gitu.dimana beberapa karakter tokoh dari beberapa anime dan manga terlempar ke kehidupan manusia.

 dimana dunia ini asing bagi mereka, namun dunia ini merupakan tempat sang penciptanya tinggal.namun kedatangan mereka gak diundang ini buat geger se kota , karena berbagai pertarungan dengan kekuatan dahsyat tidak dapat dihindarkan.

 untuk lengkapnya teman-pembaca bisa cek seperti apa animenya, karena saya sendiri (ketika artikel ditulis) masih nonton sampe episode 14 dan terlantar beberapa bulan gak ketonton.


12.Alice To Zouroku


Alice To  Zouroku


  apakah teman-pembaca percaya jika mimpi itu bisa menjadi dunia tersendiri bernuansa fantasi nyata, jika meragukan maka Alice to zouroku mengisahkan hal yang demikian.dan saya menganggap anime ini tentang dunia paralel, karena si MC memang kerapkali membuka gerbang mimpi alice yang merupakan kekuatan shana.

 jujur, saya pending cukup lama di episode 10, karena ada beberapa hal yang cukup bikin ngeselin, tapi ceritanya bagus kok, apalagi perpaduan antar karakter utamanya juga sangat menarik, seoarang anak perempuan dan kakek-kakek.

  dan secara garis besar anime ini tentang slice of life namun unsur supernatural dan fantasy juga mengiringi kisahnya.



13.Shingeki No Bahamut


Shingeki No Bahamut


 sebenarnya, saya gak yakin anime ini cukup memenuhi kriteria, namun konsep ceritanya , dimana 3 ras manusia, iblis dan dewa tinggal di alam yang sama (mistarcia) namun dengan nuansa yang berbeda.

 dan ketiga ras memiliki konflik berkepanjangan satu sama lain, namun yang membuat ketiga ras menyatu ketika usaha menyegel BAHAMUT yang menjadi bancana dunia.

 sekali lagi saya katakan gak yakin Shingeki no bahamut, unsur  dunia paralel nya tidak sekuat anime lainya, namun saya masukan karena alasan diatas.


14.Paprika


Paprika


    anime movie ini kisahnya tentang dunia modern, dimana seorang professor mampu mencipatakan sebuah alat bernama DC mini, alat yang mampu mengeksplorasi sebuah mimpi, dan mimpi yang ingin diperlihatkan kepada penggunanya bukan hanya mimpi sendiri, namun dapat melihat mimpi orang lain.

 namun apa jadinya jika alat tersebut disalahgunakan, ??? ternyata ancaman setelah DC mini jatuh ke tangan orang yang salah ternyata sangat mengerikan,dimana dunia nyata dan mimpi menyatu itu merupakan bahaya bagi kehidupan.

 oke, saya memasukan di dunia ini, karena beberapa para karakter dapat masuk dan keluar ke dunia mimpi seakan dunia nyata dengan mudahnya.

 dan anime Paprika ini mampu membuat saya merinding karena mampu memberikan nuansa angker di dalamnya,selain tentang dunia paralel. Paprika juga merupakan anime bertema Cyberpunk terbaik yang pernah saya tonton loh. dan kapan-kapan tapi gak janji saya akan buat daftar nya dilain waktu.
  


15.Kyoukai No Kanata


Kyoukai No Kanata


   anime ini lebih banyak mengambil porsi dunia nyata, namun mendekati akhir ceritanya, unsur cerita yang mengisahkan dunia para siluman dan dunia manusia yang beda dimensi cukup diperlihatkan secara jelas.

  kisahnya tentang seorang gadis dari klan terkutuk yang menjadi satria dunia Ghaib, mirai kuriyama. di sore hari seakan ingin bunuh diri di tepi ketinggian sebuah gedung.

 hal ini membuat seorang pemuda bernama akihito kanbara ingin menolonngnya, namun tiba disana seketika gadis tersebut langsung menikam jantung kanbara, namun ia tak mati karena seorang manusia setengah siluman.

 sejak pertemuan inilah keduanya mulai akrab satu sama lain dan kisah romansa pun mengiringinya.

  mungkin sudah pada banyak yang tau. kalau Kyoukai no kanata  merupakan salah satu anime action romance terbaik dan setting karakter utama shoujo.

 jika berminat, teman-pembaca bisa membaca review nya disini.


Penutup


  OKE, jadi inilah rekomendasi anime dengan tema dunia paralel terbaik yang pernah saya tonton, namun jika teman-pembaca punya saran anime lain yang memiliki kisah seperti anime diatas.bisa kabari saya biar saya tonton dulu dan baru jika sesuai akan ditambahkan di artikel ini di lain waktu.

 dan sekedar saran,baca juga perngertian mengenai tentang siapa itu mirai suenaga, yang merupakan gadis maskot dari culture japan.

 dan cukup sekian tunggu rekomendasi anime lainya dengan topik yang berbeda. ^_^

  
Pict sebagai bonus

[Kin-chan] | Hanya pemuda biasa yang kebetulan suka nonton anime ^_^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

berikan komentar teman-pembaca jika antusias dengan artikel ini EmoticonEmoticon